-->
Wiwa Coret

follow us

Artikel Terbaru

Hati - Hati Selfie Ambil Foto Di Tugu Jogja

Pada tanggal 21 Desember 2015 kemarin saya baru pertamakalinya foto-foto (selfie) di Tugu Jogja kita tercinta ini. Yachh saya kesana menganter teman saya yang jauh-jauh datang ke Jogja untuk berlibur dan menikamti suasa Kota Jogja ini. 

Dengan mengendarai sepeda motor kita berdua sampailah di sekitar Tugu Jogja. Dan setelah memarkirkan sepeda motor di tempat parkir yang ada. Kami lalu menuju ke Tugu Joga, tentu saja harus waspada dengan laju kendaraan. Singkat kata kami telah sampai pada Tugu Jogja. Dan kami pun mulailah foto-foto.

Setelah puas dengan foto-foto kami duduk-duduk disana sembari melihat orang-orang yang juga foto-foto seperti yang kita lakukan. Nah dari sinilah baru terasa ada hal yang mengganjal dalam pikiran saya. Dimana banyak orang melakukan foto-foto dan juga disaat bersamaan banyak pengendara motor, mobil dll berlalu lalang disana. 

Pippp...........pippp..........pippp......... suara tlakson dari pengendara, dan kadang orang yang akan mengambil foto pun segera berlari menep kepembatas Tugu Jogja. Kadang juga ada yang tetap berbiri seperti patung dijalan, ada juga kendaraan yang mengalah, ada juga yang tetap lewat dan tipis hanpir menyempret orang-orang yang ingin ambil foto. Dan juga banyak dari orang yang ambil foto akan berkata "yang santai lh", "biasa saja", dan lain-lain. Yach intinya kita mengumpat hhhhhh

Padahal saya pikir-pikir sebenarnya kita lah yang salah. Kita kan sudah mengganggu kelancaran berlalu lintas hanya demi ambil foto. Apalagi banyak yang ambil foto tersebut bertitel Mahasiswa, Sarjana dan pelajar, Tapi ya masih banyak khilafnya "namanya juga manusia' heheh.

Saya jadi mengamati dan sedikit ambil gambar orang-orang yang ambil foto di Tugu Jogja pada saat itu. Bukan untuk menjelekkan namun hanya buat iseng-iseng saja bila ada yang tanya mana buktinya. Bila terkadang yang foto-foto itu sedikit menggangu lalu lintas.

Dan akhirnya saya juga mengamati saat lampu merah mana yang jalan dan lebih baik ambil foto dari mana. Ya paling tidak bisa sedikit membantu agar kita tidak banyak mengganggu lalu lintas dan tentu saja sedikit menambah lebih aman saat mengambil foto di Tugu Jogja.


1. Bila kendaraan yang sedang jalan dari arah timur, Sebaiknya
kita ambil foto disebelah Arah Barat Laut
2. Bila kendaraan yang sedang berjalan dari arah utara. Sebaiknya kita ambil foto dari Arah Barat Daya
3. Dan bila kendaraan yang sedang berjalan dari arah barat. Sebaiknya kita ambil foro dari Arah Tenggara

Selain itu juga bisa foto-foto di Tugu Jogja agar tidak menggangu pengguna jalan (kendaraan). Yaitu carilah waktu disaat jalan sekitar Tugu Jogja itu sepi. heheh

Untuk lebih jelasnya bisa perhatikan gambar diatas.

Cukup seperti ini saja yang saya tuliskan dari apa yang saya alami waktu itu. Bukan maksud saya untuk apa-apa. Mungkin dengan adanya hal seperti ini kita semua bisa mencari solusi terbaik secara bersama-sama. Dan tentunya agar para pengendara tidak merasa terganggu dan juga untuk yang berfoto-foto merasa aman dan tidak mengganggu pengguna jalan.

Alangkah baiknya bila ada yang melakukan penelitian, apakah melakukan foto-foto di Tugu Jogja itu mengganggu pengguna jalan (kendaraan)? agar didapat hasil yang valid, karenatulisan ini cuma sekedar iseng saja, dan juga cuma dari pengalaman pribadi saya saja.

Mohon maaf bila banyak kata yang salah ataupun tata tulisan yang salah. eheheh. 

You Might Also Like: