-->
Wiwa Coret

follow us

Artikel Terbaru

Makna Lambang SM-3T

wiwapelj.blogspot.co.id


A.   Makna Tulisan
Yang pertama pasti sodara membaca tulisan “ Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia”. Itu merupakan sebuah motto dari program SM-3T ini. Maju Bersama merupakan visi supaya daerah 3T itu dapat segera maju bersama sejajar dengan daerah lain (pendidikan sudah maju). Mencerdaskan Indonesia berarti mencerdaskan anak bangsa, supaya dapat maju bersama mencapai cita-cita luhur seperti yang diamanahkan oleh para pendiri bangsa Indonesia.
B.      Makna Bentuk Dan Warna
  • Lambang tiga orang dengan tangan terkembang menghadap arah kanan sebagai simbol dari harapan terbuka beberapa orang pendidik yang ingin mengabdikan dirinya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.
  • Tiga warna yang berbeda-beda merupakan simbol dari keberagaman sarjana pendidik yang berasal dari LPTK penyelenggara SM-3T yang berada di Indonesia.
  • Adapun warna dari ketiga orang tersebut yaitu Kuning merupakan cita-cita luhur yang diamanahkan para pendiri bangsa untuk meraih generasi emas Indonesia, Biru merupakan keluasan wawasan para pendidik serta kesetiaan dalam sebuah pengabdian dan Hijau merupakan simbol perbaharuan, pembangunan dan harapan untuk mendidik generasi bangsa menjadi generasi yang lebih baik.
  • Latar belakang hitam merupakan simbol keterbelakangan dan permasalahan pendidikan yang harus diselesaikan di negeri Indonesia. Harapan Guru SM-3T bias menjadi solusi terbaik yang mampu memberi warna dalam menghadapi permasalahan pendidikan di daerah 3T (tedepan, terluar dan tertinggal.

Sebagai tambahan yang dimaksud daerah 3T yaitu :
-          Terdepan karena daerah yang akan menerima program SM-3T ini adalah daerah-daerah yang langsung berbatasan dengan negara tetangga, sehingga daerah ini merupakan garis depan dari Negara Indonesia.
-          Terluar dikarenakan daerah-daerah yang menjadi sasaran program ini berada di luar pulau jawa atau sebagai daerah paling luar dari Negara ini.
-          Tertinggal dapat diartikan sebagai keterbatasan dalam hal pendidikan yang meliputi sarana, prasarana dalam pengajaran dan juga ketertinggalan dalam teknologi serta kurangnnya tenaga pendidik yang mumpuni.


Sumber :
majubersama.dikti.go.id
            pak-pandani.blogspot.co.id
            gurupantura.com
            bismacet.com   
               


You Might Also Like: